Untaian

Aku Tidak Butuh Hidup 1000 Tahun lagi,Aku hanya Mau Hidup 1000 Karya Lagi

Kamis, 09 Februari 2012


Agus Yoni Prsetyo Widodo dilahirkan di desa kumain kecamatan Tandun Kabupaten Rokan  Hulu 24 Tahun yang lalu, tepatnya 23 Agustus 1987 dari Pasangan Suami Istri Bapak Supeno dan Ibu Sumiyem.  Memulai pendidikan di SDN 026 Tandun. Pada tahun 1998 pindah ke SD 005 Sawo, Desa kleco kecamatan Sawo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Tahun 1999 kembali lagi ke SD 026 Tandun dan menyelesaikan pendidikan sampai selesai. Tahun 2000 melanjutkan pendidikan ke SMPN 1 Bangkinang. Setelah itu, melanjutkan pengembaraan intelektualnya ke SMAN 1 Bangkinang dan selesai tahun 2006. Tahun 2006 diterima di fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau di Program Studi Pendidikan Fisika melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).
Pada bulan Juli – Desember 2009 penulis melaksanakan Program Pengalaman Lapangan di SMP IT Arroyya.  Pada bulan Desember  2010 – Februari 2011 Penulis melakukan Kuliah Kerja Nyata di Rw 14 Kelurahan Simpang Tiga, Pekanbaru. Pada Bulan Oktober 2011 - Desember 2011 Penulis melakukan penelitian di SMP N 1 Kampar Timur dan pada 25 Januari 2012 penulis melaksanakan ujian Komprehensif   dan berhasil dengan Prediket Sangat memuaskan dengan IPK 3.37.
Selain kuliah penulis juga mengasah kemampuan sofskillnya dalam beberapa bidang, organisasi, olah raga dan entrepreneurship.
Diawali sebagai ditunjukknya sebagai Ketua Tingkat (Komting) angkatan 2006 pada tahun 2006, penulis menjadi ketua Biro Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) Himapefsi Periode (2007-2008). Selain itu, penulis juga dipercaya sebagai staff Creative dan Pers Lembaga Semi Otonom (LSO) Lembaga Studi Islam Al Maidan FKIP UNRI (2007-2008). Untuk menyeimbangkan antara kebutuhan Fikriyah, Ruhiyah dan Jasadiyah dan mengacu dari salah satu muwashofat kade yaitu kekuatan Jasmani (Qowiyyul Jismi) penulis masuk dalam UKM Taekwondo Universitas  Riau (2007) dan akhirnya menjadi pelatih Taekwondo di  Beberapa tempat, seperti di Bangkinang, Mushala Al Fajri Sido Mulyo dan Universitas Riau. Tahun 2007  penulis juga sudah mulai aktiv di Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Fakultas sebagai tim akademis. Tahun 2008 penulis terpillih sebagai Bupati Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Periode 2008-2009. Pada tahun yang sama, 2008 penulis ditunjuk sebagai  Staf Hubungan Masyarakat Forum mahasiswa Islam Rokan Hulu (FORMIS ROHUL). Selain itu, masih pada tahun yang sama penulis juga di tunjuk sebagai  staff Dana Usaha Kesatuan Aksi Mahasiswa Islam Indonesia (KAMMI) Komisariat Tuanku Tambusai.  Penulis juga di tunjuk sebagai ketua kaderisasi Forum Lingkar Pena Pekanbaru pada tahun yang sama. Diawal 2009 penulis menjabat sebagai Coordinator Hubungan Masyarakat Tim PAKSA  Kerjasama BEM universitas Riau dan  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.
Pertengahan tahun 2009 penulis memenangkan Pemilihan Raya (PEMIRA) FKIP sehingga penulis menjadi Gubernur Mahasiswa  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau dalam periode (2009-2010). Sebelumnya pada awal 2009 penulis di pilih menjadi Koordinator  Dewan Penasehat Organisasi (DPO) HIMAPEFSI untuk periode 2009-2010.  Masih pada tahun yang sama penulis ditunjuk menjadi Coordinator Dana Usaha FORMIS ROHUL dan Staff Kebijakan Publik KAMMI Komisariat Tambusai. Selain itu, pada tahun yang sama pula penulis ditunjuk sebagai staff Humas FLP Pekanbaru. Demi mewujudkan adanya bulletin himpunan mahasiswa maka penulis mengikuti diklat jurnalistik yang diadakan oleh Arroyan dan kemudian penulis ditunjuk sebagai Reporter pada tahun yang sama.
Pada tahun 2010 penulis ditunjuk sebagai Menteri Hubungan Luar Universitas Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau Untuk periode 2010-2011. Sebelumnya pada tahun 2010 penulis ditunjuk sebagai staff advokasi Ikatan Mahasiswa Keguruan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI) pusat.  Pada tahun yang sama penulis ditunjuk sebagai dewan penasehat tim Gerakan Sadar  Anti Korupsi (GESAK) kerjasama antara BEM UNRI dengan KPK RI. Pada tahun 2011- Sekarang penulis di amanahkan sebagai Staf Hubungan Masyarakat KAMMI daerah Riau membidangi Bagian Jaringan.
Alhamdulillah dalam mengarungi kehidupan sebagai mahasiswa penulis menorehkan beberapa prestasi, diantaranya adalah. Penulis dinobatkan sebagai peserta terbaik PLANED 3 HIMAPEFSI pada tahun 2006. Pada tahun 2007 penulis mendapat juara 3 debat pendidikan BEM FKIP dengan tema debat adalah Permasalahan Pendidikan. Pada tahun 2008 penulis kembali menorehkan beberapa prestasi, yaitu :  Juara 2 Kaligrafity BEM UNRI, Juara harapan 3 Resensi Buku se-Riau – Perpustakaan Soeman HS. Pada tahun 2009 prestasi yang didapatkan penulis adalah:  Juara 1 karikatur pada acara Ramadhan Ceria – HIMAPENTIKA FKIP UNRI, Juara 1 Fotografi dengan tema Masjid Sekeliling kita – HIMAPEFSI FKIP UNRI, juara 2 Green Grafity – BEM UNRI,  Atlit taekwondo Porda 2 Kabupaten Kampar, Mewakili Kampar dalam kejuaraan Taekwondo Wilayah Sumatra.  Prestasi tahun 2010:  Juara 1 artikel “Napak tilas 17 Agustus” – BEM FKIP UNRI,  juara 1 Kliping Puisi  terbit media massa Se riau – Tabloid Aklamasi Universitas Islam Riau. Juara 2 Artikel – LSI ALMAIDAN FKIP UNRI. Juara 1 kliping pendidikan FKIP UNRI, juara 1 Melukis Khairil Anwar-Hima PBSI FKIP UNRI,. Prestasi tahun 2011: Juara 2 desain kartu lebaran – Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar Royan Universitas Riau,  Juara 1 Karikatur Ramadhan Ceria - HIMAPENTIKA FKIP UNRI, juara 1 desain logo HIMAPEFSI FKIP, Juara 3 Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Mahasiswa s1, s2 dan Umum- ditaja oleh Bem UNRI dan Kementrian Lingkungan Hidup Wilayah Sumatra. Beberapa kali menjadi nominasi kader terbaik Al Maidan FKIP UNRI.
Penulis mendapat beasiswa selama 4 tahun berturut-turut dari Pemerintah Profinsi (pemprof) Riau (2006-2009), kemudian penulis juga mendapat beasiswa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2011. Penulis juga berhasil mendapatkan Dana Hibah setelah melalui seleksi yang ketat  dari pihak P2K2 UNRI, yaitu Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) unri  tahun 2010. Dan menjadi kelompok yang paling berhasil dalam melakukan kegiatan Entrepreneurship program tersebut.
Semenjak mahasiswa penulis memulai usaha dan saat ini memiliki beberapa bidang usaha dengan brand Warok. Saat ini usaha yang di kerjakan adalah Warok Advertice, membidangi pembuatan spanduk, pin, mug, sablon, stempel, undangan, gantungan kunci karet, gantungan kunci pin, gantungan kunci  kuningan, plakat kuningan, kayu dan kaca, percetakan brosur, pamphlet, bon dan lain-lain. Selain itu, ada Warok Ponsel, bergerak dalam bidang seluler yaitu penjualan pulsa, penerimaan anggota baru, servis hp.  Warok Book Store, saat ini menyediakan buku-buku Sastra, Novel dan beberapa buku ilmiah dan perlengkapan alat tulis. Saat ini usaha yang dikelola oleh penulis beberapa kali di liput media sebagai usaha percontohan baik dari media lokal dan dari DIKTI dan DIKPORA Republik Indonesia RI. Selain itu usaha ini sedang menuju ke konsep go Online.
Adapun karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh penulis adalah: Grand Disain Universitas Riau menuju Go Green ( Juara 3 LKTI BEM UNRI & Kementrian Lingkungan hidup), Aplikasi fisika dalam Taekwondo (atraksi pemecahan benda keras) (diseminarkan pada 2011), Solusi masalah listrik riau (diseminarkan pada Daurah Marhalah 2 Kammi Daerah Riau), Dari Kampus ke Bangsa (disampaikan saat diskusi public BEM FKIP UNRI), Ekotourisem sebagai solusi meningkatkan pendapatan masyarakat pulau rupat (dilombakan dalam agenda LKTI pemberdayaan pulau Rupat), Aktivis Vs Akademisi (juara 2 Artikel LSI Almaidan), Baru (sebuah refleksi tahun baru masehi 2010) – Buletin HIMAPENTIKA, Negarawan Solusi Bangsa, terbit di media BASIS bahasa Indonesia pada tahun 2009., Kembali ke adat Solusi bangsa ( Suara Mahasiswa BEM UNRI periode 2010-2011)
Selain dalam bidang ilmiah, penulis tertarik dalam bidang sastra dan menghasilkan bebera karya yang terbit di media massa, diantaranya adalah : Puisi, Aktivis (bahana Mahasiswa); Cerpen , Kamboja ( Bahana Mahasiswa), Aktivis Tamat (Metro Pekanbaru), Undangan Senja (Metro Pekanbaru). Buku (Kopi Hujan Pagi) Antologi Cerpen dan Puisi. Saat ini penulis juga sedang menyelsaikan buku mengenai keorganisasian dan novel. Selain itu, saat ini penulis telah berhasil mendapatkan pengakuan sebagai pemegang sabuk hitam, DAN 1 KUKKIWON TAEKWONDO Dunia.
Penulis juga sering diundang sebagai pembicara di RRI pekanbaru dan dalam berbagai kesempatan oleh Himpunan Mahasiswa dan Kelembagaan-Kelembagaan Mahasiswa, daerah (beberapa daerah seperti Lipat Kain, Kampar , Indragiri hulu dan Nasional (moderator seminar nasional “Pemberantasan Korupsi dalam dunia Pendidikan”). Adapun bidang yang sering disampaikan oleh penulis adalah mengenai; Leadhership ( Muara takus), Konsep Kepemimpinan ( Air molek), Team work, Analisis swot, Analisa gerakan aktivis mahasiswa, Manajemen training, Self Confidense, Pemimpin berakhlak (Sma 1 lipat kain), Disain grafis (photoshop) bem unri (2011), Disain grafis hima pefsi (ramadhan 2011), Disain grafis bem unri & bem faperta (2012) dan lainnya.
Sedangkan kegiatan yang diikuti penulis meliputi kegiatan bersifat Nasional, Daerah dan Kampus.seperti ; Utusan Riau dalam Lokakarya Naisonal dan Seminar Nasional Ilegal Logging (2008), Training Instruktur darah Riau KAMMI, Studi Kelinstrikan -Sumbar(2011), Trainer of Trainer KPK RI, Utusan dalam rapat persiapan Musyawarah nasional IMAKIPSI (2010) Jakarta, Musyawarah Nasional IMAKIPSI- Lampung (2010),  Pelatihan Penggunaan Perpustakaan Se Riau – Perpustakaan Soeman HS (2009), Musyawarah Nasional BEM SI- Banten (2011) dan beberapa even Daerah dan Nasiona Lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar